Calon Dekan FIS UIN Sumut: Wawancara Selesai, Visi dan Misi Rahman YZ Cukup Realistis

MEDAN- Akhirnya, sekitar pukul 17.30 Wib, Jumat (5/8/2022), delapan calon Dekan Fakultas Ilmu Sosial (FIS) Universitas Islam Negeri (UIN) Sumatera Utara, Medan, selesai melaksanakan sesi wawancara dan pemaparan visi, misi dan strategi dalam mengembangkan FIS UIN Sumut.

Kedelapan kandidat Dekan FIS UIN Sumut tersebut memaparkan visi dan misinya didepan empat dewan penguji, yaitu, Wakil Rektor III, Dr. Nisful Khairi MA, Ketua Pansel Prof. Dr. Hasyim Syah, MA, Kepala Biro, Khairunnas, dan Kepala Satuan Pengawas Internal (SPI), Dr. Masganti.

Sedangkan delapan calon Dekan FIS yang mengikuti sesi wawancara itu, sesuai dengan Keputusan Panitia Seleksi Nomor:021/Pansel/VIII/2022 tentang Hasil Seleksi Berkas, maka kandidat yang memenuhi syarat adalah: 1. Dr. H. Indra, M.A. 2. Prof. Dr. Abdurrahman, M.Pd. 3. Dr. Suheri Harahap, S.Ag., M.Si. 4. Dr. H. Sori Monang, M.Th. 5. Dr. Muhammad Husni Ritonga, M.A. 6. Dr. Anang Anas Azhar, S.Ag., M.A. 7. Prof. Dr. Katimin, M.A. 8. Dr. Sahdin HSB, M.Ag.

Proses selanjutnya, dewan penguji akan memberikan penilaian kepada kandidat sesuai dengan bidangnya masing-masing. Lalu, hasil poenilain tersebut diserahkan kepada Panitia Seleksi, yang untuk berikutnya diserahkan kepada Rektor UIN Sumut, Prof. Dr. H. Syahrin Harahap, MA sebagai pertimbangan. Rencananya, hasil itu akan diserahkan pada Senin (8/8/2022).

Seperti yang diberitakan sebelumnya, ada yang menarik dari delapan kandidat Dekan FIS UIN Sumut itu. Jika dilihat dari basicnya, ternyata semua calon berbasic Fakultas Ushuluddin dan Fakultas Dakwah. Dari Fakukultas Dakwah, Prof. Dr. Abdurrahman M.Pd, Dr. Husni Ritonga, Dr. Anang Anas Azhar, dan Dr. Sahdin Hasibuan. Sedangkan dari Fakultas Ushuluddin, Prof. Dr. Katimin, Dr. H. Indra, Dr. Suhery Harahap, dan Dr. Sorimonang.

Baca Juga  Pokémon Scarlet & Violet Akan Rilis November Mendatang: Video Game Dengan Dunia Fantasi Dinamis Dan Karakter Baru

Diskusi bebas alumni dan mahasiswa UIN Sumut di kafe-kafe sekitaran Jalan Pancing Medan, kini memiliki kesimpulan yang beragam. Melihat kenyataan Fakultas Ushuluddin dan Fakultas Dakwah yang ngotot, muncul berbagai rumor. Ada yang mengatakan, karena FIS awalnya “pemecahan” dari Fak. Dakwah, maka intelektual dari Fak. Dakwah yang paling berhak memimpin FIS UIN Sumut.

Sedangkan  “pasukan” Ushuluddin punya alasan lain. Dekan sebelumnya, Dr. Maraimbang Daulay MA, berasal dari Ushuluddin, maka penggantinya harus dari Ushuluddin juga. Kendati rumor itu terus berkembang, tetapi kedua kubu yang “bersitegang” urat syaraf, tetap sepakat bahwa intelektual, wawasan dan leadership yang dimiliki kandidat yang akan menentukan siapa yang berhak menjadi Dekan FIS UIN Sumut.

Namun, dari segi personal, diskusi di kafe-kafe itu masih menempatkan Prof. Dr. Abdurrahman M.Pd alias Rahman YZ difavoritkan di posisi teratas yang sangat berpeluang menjadi Dekan FIS UIN Sumut. Disusul Prof. Katimin dan Dr. Sahdin Hasibuan. Alasannya beragam. Rahman YZ dinilai memiliki loyalitas tinggi dan memang sosok pekerja keras serta bersungguh-sungguh dalam mengemban amanah.

Plus, Rektor UIN Sumut, Prof. Dr. H. Syahrin Harahap MA kerap berdiskusi dengan Rahman YZ. Selain itu, Prof. Syahrin juga sempat “menitipkan” langkah-langkah prioritas dan program utama dalam mengembangkan FIS UIN Sumut, kepada Rahman YZ.  Dan, semua itu sudah terekam dalam benak Rahman YZ.

Sampai Jumat (8/8/2022) petang, berdasarkan pengamatan wartawan media ini, nama Rahman YZ masih tetap menjadi unggulan menjabat Dekan FIS UIN Sumut.Visi dan misinya pun dinilai realistis. Untuk menyimak visi dan misi Rahman YZ, berikut kami sajikan secara lengkap:

 

Pos terkait

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *