Jay Idzes, Bek Naturalisasi Timnas Indonesia yang Bersinar di Italia

PSSI tengah memproses naturalisasi Jay Idzes, bek kelahiran Belanda yang kini merumput di Italia. Pemain berusia 23 tahun tersebut diharapkan dapat memperkuat Timnas Indonesia di sejumlah ajang senior, termasuk Piala Asia 2023.

Perkembangan Karier Jay Idzes

Jay Idzes lahir di Mierlo, Belanda, pada 2 Juni 2000. Ia memiliki garis keturunan Indonesia dari kakek dan neneknya. Sejak usia 7 tahun, Jay sudah menunjukkan ketertarikan dan bakat di dunia sepakbola.

Awal karier Jay dimulai ketika ia bergabung dengan klub amatir SC Brabant di Mierlo. Setelah 1,5 tahun, ia dilirik oleh pencari bakat dari PSV Eindhoven. Jay kemudian menimba ilmu di akademi PSV selama 3 tahun.

Pada tahun 2014, Jay bergabung dengan akademi VVV-Venlo & Helmodsports. Setelah 2 tahun, ia kemudian bergabung dengan klub Eerste Divisie, FC Eindhoven. Ia awalnya bermain di tim akademi junior, sebelum akhirnya mendapat kesempatan bermain di tim utama pada tahun 2018.

Statistik Perkembangan Karier Jay Idzes

Berikut adalah statistik perkembangan karier Jay Idzes:

  • 2014-2017: Akademi VVV-Venlo & Helmodsports
  • 2017-2018: Tim akademi junior FC Eindhoven
  • 2018-2020: FC Eindhoven (57 penampilan, 1 assist)
  • 2020-2023: Go Ahead Eagles (93 penampilan, 3 gol, 5 assist)
  • 2023-sekarang: Venezia (5 penampilan)

Analisis kemampuan Jay Idzes

Jay Idzes merupakan bek tengah yang tangguh dan memiliki visi bermain yang baik. Ia memiliki kemampuan yang mumpuni dalam hal bertahan dan menyerang.

Kelebihan Jay Idzes adalah ia memiliki postur yang tinggi dan kuat. Ia juga memiliki insting bertahan yang baik dan mampu membaca permainan dengan baik. Jay juga memiliki kemampuan yang mumpuni dalam hal passing dan dribbling.

Kekurangan Jay Idzes adalah ia masih perlu meningkatkan kecepatannya. Selain itu, ia juga perlu meningkatkan kemampuannya dalam duel udara.

Baca Juga  Teknik Profesional Agar Eyeshadow Tidak Kusut dan Medok

Kelebihan Jay Idzes

Postur yang tinggi dan kuat

Jay Idzes memiliki postur yang tinggi dan kuat, dengan tinggi 188 cm dan berat 80 kg. Hal ini membuatnya menjadi bek yang tangguh dalam duel udara dan duel satu lawan satu.

Insting bertahan yang baik

Jay Idzes memiliki insting bertahan yang baik. Ia mampu membaca permainan dengan baik dan menempatkan diri pada posisi yang tepat untuk menghalau serangan lawan.

Visi bermain yang baik

Jay Idzes memiliki visi bermain yang baik. Ia mampu membaca permainan dengan baik dan memberikan umpan yang akurat kepada rekan satu timnya.

Kekurangan Jay Idzes

Kecepatan yang kurang

Jay Idzes memiliki kecepatan yang kurang. Hal ini membuatnya kurang efektif dalam mengejar pemain lawan yang memiliki kecepatan tinggi.

Duel udara yang kurang

Jay Idzes memiliki kemampuan duel udara yang kurang. Hal ini membuatnya kurang efektif dalam menghalau serangan lawan yang menggunakan umpan-umpan udara.

Pandangan Para Ahli

Shin Tae-yong, pelatih Timnas Indonesia, mengatakan bahwa Jay Idzes memiliki potensi untuk menjadi salah satu pilar penting Timnas Indonesia.

“Jay Idzes adalah pemain yang memiliki potensi besar. Ia masih muda dan memiliki kemampuan yang mumpuni. Saya yakin Jay akan bisa menjadi pemain yang berguna bagi Timnas Indonesia,” kata Shin Tae-yong.

Pos terkait

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *