Kopi Khas Sumatera Utara, Kopi Sidikalang

Warta Hits – Sumatera sudah dikenal sebagai produsen kopi-kopi kelas dunia. Kelezatan kopinya pasti bikin Anda ketagihan. Tahukah Anda apa saja kopi yang terkenal nikmat asal Sumatera? Karena itu, baca aja ulasan BP-Guide soal kopi berikut ini, ya.

Kopi Sidikalang adalah sebutan untuk kopi robusta dan arabika yang dikembangkan di Kecamatan Sidikalang, ibu kota dari Kabupaten Dairi, Sumatra Utara. Wilayah perkebunan kopi Sidikalang berada di ketinggian 1.500 mdpl, berada di kawasan pegunungan Bukit Barisan. Kopi Sidikalang dianggap sebagai salah satu varietas kopi terbaik di Sumatra, bersama dengan kopi Gayo, Simalungun dll. Kopi Robusta Sidikalang terkenal memiliki tingkat keasaman yang rendah.

Kopi Robusta dari Sidikalang sudah mendapatkan sertifikat Indikasi Geografis dengan nomor registrasi IG002018000021 pada tahun 2018

Pada tahun 2018, Dinas Perindustrian dan Perdagangan (Disperindang) Kabupaten Dairi mengadakan Festival Kopi Sidikalang di Tugu Silalahi, Desa Silalahi, Kecamatan Silahisabungan, Kabupaten Dairi, Sumatera Utara. Hal ini dilakukan untuk mengembalikan kejayaan industri kopi Sidikalang di tengah persaingan perdagangan kopi lokal lainnya.

Bagi para penikmat kopi sejati, pasti tahu jenis kopi-kopi terbaik dari Sumatera. Salah satunya adalah kopi Sidikalang. Ini merupakan salah satu dari tiga wilayah di Sumatera Utara yang memproduksi kopi dengan cita rasa yang unik. Selain Sidikalang, dua wilayah lain adalah Mandailing dan Lintongnihuta.

Wilayah Sidikalang berada di kawasan Bukit Barisan dengan ketinggian 1.500 meter dpl. Kombinasi kawasan yang sejuk dan dingin dengan jenis tanah di wilayah Sidikalang yang subur, mampu menciptakan salah satu kopi terbaik di Nusantara.

Sekadar info, kopi dari Sumatera Utara dikenal punya tekstur yang halus dan bercita rasa kompleks. Mayoritas kopi di wilayah ini diolah secara kering maupun basah. Sehingga menciptakan aroma kopi yang khas dan unik.

Baca Juga  Hutan Yang Masih Banyak Dihuni Harimau Sumatera

Salah satu produk unggulan dari Sidikalang adalah kopi robusta. Aroma dan cita rasa kopi robusta Sidikalang memang mirip dengan robusta di wilayah atau negara lain. Seperti cita rasa yang mirip cokelat dan sedikit manis. Namun wangi yang dihasilkan robusta Sidikalang tidak terlalu tajam.

Teksturnya sedikit lebih kasar dari arabika. Sementara warna yang dihasilkan tergantung dari cara pengolahan. Robusta Sidikalang cocok bagi Anda yang menyukai kopi dengan aroma sedang.

Cita rasa sedang yang dimiliki robusta Sidikalang ini menghasilkan tingkat keasaman yang rendah. Sehingga cocok bagi mereka yang memiliki masalah lambung atau penyakit maag tapi tetap ingin minum kopi setiap hari.

Ditambah dengan rasa pahit khas cokelat, membuat sensasi yang diberikan sedikit berbeda dari kopi lainnya. Menjadi daya tarik lain bagi para penikmat kopi untuk mencicipi kekhasan dari kopi Sidikalang. Termasuk Anda yang memang menggemari kopi dengan aroma yang khas.

Pengertian mudah dari long after taste adalah daya tahan rasa kopi yang tertinggal di mulut dan tenggorokan setelah meminumnya. Semakin lama rasa kopi yang tertinggal di mulut, maka kopi tersebut punya nilai after taste yang tinggi.

Istilah after taste sendiri digunakan sebagai upaya menunjukkan “rasa kedua” dari cairan kopi yang sudah diseduh saat ditelan. Ini terjadi karena ada proses retronasal yang berulang-ulang yang kemudian membuat otak meneruskannya sebagai rasa dan aroma dari kopi tersebut.

Kopi Sidikalang dikenal dengan ciri khas tebal, keasaman yang rendah, dengan kadar bitterness yang tinggi. Kopi ini banyak diandalkan oleh kedai-kedai kopi yang bertebaran di Kota Medan dan wilayah Sumatera Utara lainnya.

Anda bisa mencoba sensasi rasa yang ditawarkan Kopi Sikalang ini melalui produk yang dijual di Blibli ini. Produk yang sudah mendapat sertifikasi Halal MUI bernomor 09120008001016 ini dikemas dalam ukuran 250 gram.

Baca Juga  10 Misteri Legendaris paling Menakutkan di Indonesia

Source: bp-guide.id

Pos terkait

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *