Microsoft Jual Hak Streaming Game Activision Blizzard ke Ubisoft untuk Atasi Kekhawatiran Regulator

Microsoft telah mengumumkan bahwa mereka akan menjual hak streaming untuk Call of Duty, Overwatch, dan lainnya ke penerbit saingan Ubisoft sebagai bagian dari upaya terakhir mereka untuk mendapatkan persetujuan dari regulator di UK.

Mengapa Microsoft Menjual Hak Streaming?

Microsoft menjual hak streaming untuk game-game Activision Blizzard ke Ubisoft untuk mengatasi kekhawatiran regulator di UK tentang dampak akuisisi Activision Blizzard terhadap cloud game streaming. Regulator di UK khawatir bahwa Microsoft akan menggunakan akuisisi ini untuk membuat game-game Activision Blizzard eksklusif untuk layanan streaming Game Pass mereka, yang akan memberikan Microsoft keunggulan kompetitif yang tidak adil di pasar cloud game streaming.

Dengan menjual hak streaming untuk game-game Activision Blizzard ke Ubisoft, Microsoft akan memastikan bahwa game-game ini tidak akan menjadi eksklusif untuk platform cloud gaming mana pun. Ini akan membantu menjaga persaingan yang sehat di pasar cloud game streaming dan memberikan lebih banyak pilihan bagi konsumen.

Detail Kesepakatan

Menurut kesepakatan yang direstrukturisasi, Microsoft akan menjual hak streaming untuk semua game PC dan konsol Activision Blizzard yang saat ini dan akan dirilis selama 15 tahun ke depan kepada Ubisoft. Ubisoft kemudian akan dapat melisensikan game-game ini ke layanan streaming lain, serta memaksa Microsoft untuk mem-port game-game Activision Blizzard ke platform PC gaming lain seperti Linux.

Microsoft akan mendapatkan kompensasi dari Ubisoft melalui pembayaran satu kali dan mekanisme penetapan harga grosir. Microsoft juga akan mendapatkan royalti dari Ubisoft untuk setiap game yang dilisensikan oleh Ubisoft.

Kekhawatiran Regulator

Regulator di UK khawatir bahwa akuisisi Activision Blizzard oleh Microsoft akan memberikan Microsoft keunggulan kompetitif yang tidak adil di pasar cloud game streaming. Hal ini karena Microsoft memiliki pangsa pasar yang besar di pasar konsol game dan layanan streaming game, dan akuisisi Activision Blizzard akan memberi mereka akses ke perpustakaan game yang sangat besar dan populer.

Baca Juga  Zhao Jiamin Membintangi Empat Drama Terbaru, Menunjukkan Kecemerlangan dalam Dunia Akting

Regulator khawatir bahwa Microsoft dapat menggunakan keunggulan ini untuk membuat game-game Activision Blizzard eksklusif untuk layanan streaming Game Pass mereka. Hal ini akan membuat game-game tersebut tidak tersedia di platform streaming lain, seperti Stadia dan Amazon Luna.

Solusi Microsoft

Untuk mengatasi kekhawatiran ini, Microsoft telah menawarkan untuk menjual hak streaming untuk game-game Activision Blizzard ke Ubisoft. Ubisoft adalah penerbit game yang besar dan populer, dan mereka memiliki platform streaming game sendiri, Ubisoft+.

Dengan menjual hak streaming ke Ubisoft, Microsoft akan memastikan bahwa game-game Activision Blizzard tidak akan menjadi eksklusif untuk platform cloud gaming mana pun. Ini akan membantu menjaga persaingan yang sehat di pasar cloud game streaming dan memberikan lebih banyak pilihan bagi konsumen.

Dampak Kesepakatan

Langkah Microsoft untuk menjual hak streaming untuk game-game Activision Blizzard ke Ubisoft memiliki potensi untuk berdampak besar pada kompetisi di pasar cloud gaming.

Sebelumnya, Microsoft memiliki kekhawatiran bahwa regulator di UK akan melarang akuisisi Activision Blizzard karena khawatir Microsoft akan menggunakan akuisisi ini untuk membuat game-game Activision Blizzard eksklusif untuk layanan streaming Game Pass mereka. Jika ini terjadi, Microsoft akan memiliki keunggulan kompetitif yang tidak adil di pasar cloud gaming, karena mereka akan memiliki akses eksklusif ke beberapa game paling populer di dunia.

Namun, dengan menjual hak streaming untuk game-game Activision Blizzard ke Ubisoft, Microsoft telah menghilangkan kekhawatiran ini. Dengan begitu, game-game Activision Blizzard akan tersedia di berbagai platform cloud gaming, termasuk Game Pass, Ubisoft+, dan layanan streaming lainnya. Hal ini akan membantu menjaga persaingan yang sehat di pasar cloud gaming dan memberikan lebih banyak pilihan bagi konsumen.

Baca Juga  Tips Memilih Asuransi Jiwa yang Tepat untuk Masa Depan Cerah Anda

Keuntungan bagi Ubisoft

Kesepakatan ini juga memiliki potensi untuk menguntungkan Ubisoft. Dengan mendapatkan hak streaming untuk game-game Activision Blizzard, Ubisoft akan dapat menambahkan beberapa game paling populer di dunia ke layanan streaming mereka. Ini akan membantu Ubisoft untuk menarik lebih banyak pelanggan dan meningkatkan pendapatan mereka.

Selain itu, kesepakatan ini juga akan memungkinkan Ubisoft untuk mem-port game-game Activision Blizzard ke platform PC gaming lain seperti Linux. Hal ini akan membantu Ubisoft untuk menjangkau lebih banyak pemain dan meningkatkan jangkauan mereka.

Kekhawatiran dari pihak lain

Namun, ada beberapa pihak yang masih memiliki kekhawatiran tentang kesepakatan ini. Salah satu kekhawatiran adalah bahwa kesepakatan ini akan membuat Ubisoft menjadi terlalu kuat di pasar cloud gaming. Jika Ubisoft memiliki akses eksklusif ke beberapa game paling populer di dunia, mereka mungkin akan dapat mendominasi pasar cloud gaming.

Selain itu, ada juga kekhawatiran bahwa kesepakatan ini akan menghambat inovasi di pasar cloud gaming. Jika game-game Activision Blizzard hanya tersedia di layanan streaming tertentu, pengembang game mungkin akan kurang termotivasi untuk membuat game-game baru untuk platform cloud gaming.

Namun, Microsoft dan Ubisoft telah menyatakan bahwa mereka berkomitmen untuk menjaga persaingan yang sehat di pasar cloud gaming. Mereka juga telah menyatakan bahwa mereka akan bekerja sama dengan regulator untuk memastikan bahwa kesepakatan ini menguntungkan konsumen.

Pos terkait

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *