Operasi Zebra Semeru 2023, Polres Trenggalek Gencarkan Edukasi Lalu Lintas dan Keselamatan Jalan

Pada Hari pertama pelaksanaan Operasi Zebra Semeru 2023, Polres Trenggalek mengambil langkah proaktif dengan melaksanakan berbagai kegiatan untuk meningkatkan kesadaran dan kepatuhan masyarakat terhadap aturan lalu lintas. Salah satu komponen penting dari upaya ini adalah Satuan Tugas Preemtif yang bertanggung jawab atas program sosialisasi dan edukasi kepada masyarakat.

Kegiatan yang digerakkan oleh Satlantas (Satuan Lalu Lintas) Polres Trenggalek ini difokuskan untuk mencapai berbagai kelompok masyarakat, mulai dari anak-anak hingga kelompok-kelompok khusus. Semua ini berlangsung pada hari Senin, 4 September 2023.

Kapolres Trenggalek, AKBP Gathut Bowo Supriyono, S.H., S.I.K., M.Si., melalui Kasatlantas Polres Trenggalek, AKP Yudiyono, S.H., menjelaskan bahwa edukasi dilakukan dengan berbagai metode yang efektif. Metode ini mencakup kunjungan ke sekolah-sekolah, pendistribusian pamflet informatif, dan bahkan pemanfaatan siaran radio sebagai sarana komunikasi massa.

Untuk kalangan pelajar, Polres Trenggalek melaksanakan program “polisi datang ke sekolah” di MI Senden, Kecamatan Kampak, yang juga disertai dengan pemberian penghargaan dalam Lomba Polisi Cilik. Hal ini bertujuan untuk memberikan pemahaman tentang pentingnya berlalu lintas yang aman dan tertib sejak usia dini.

Pendistribusian pamflet dilakukan di wilayah pusat kota Trenggalek, seperti alun-alun, Pasar Pon, pusat kuliner, dan lokasi strategis lain yang seringkali ramai oleh masyarakat. Pamflet ini berisi informasi mengenai aturan lalu lintas, tata tertib berlalu lintas, serta bahaya pelanggaran lalu lintas.

Upaya edukasi juga dilanjutkan melalui kerja sama dengan Radio Praja Angkasa Trenggalek, mengingat bahwa radio masih menjadi media yang cukup digemari oleh masyarakat di Kabupaten Trenggalek. Siaran interaktif digunakan sebagai platform untuk menyampaikan pesan-pesan penting terkait dengan Operasi Zebra Semeru 2023, dengan menyoroti prioritas penindakan pelanggaran dan memberikan nasihat tentang tata tertib berlalu lintas.

Baca Juga  Kekuatan Mental dalam Menggapai Kesuksesan: Kunci Sukses di Era Modern

“Konten yang kami sampaikan berhubungan dengan pelaksanaan Operasi Zebra Semeru 2023, menekankan prioritas pelanggaran yang perlu dihindari, serta memberikan edukasi tentang etika berlalu lintas,” tambahnya.

Untuk informasi lebih lanjut, Operasi Zebra Semeru 2023, yang berlangsung dari tanggal 4 hingga 17 September 2023, adalah bagian dari upaya Harkamtibmas bidang lalu lintas yang dikoordinasikan oleh Polri. Operasi ini menjalankan pendekatan yang lebih humanis, persuasif, dan edukatif, dengan penegakan hukum yang semakin modern melalui sistem elektronik dan teguran yang lebih empati.

Dalam operasi ini, ada beberapa target pelanggaran khusus yang dituju, termasuk pelanggaran lalu lintas yang berpotensi mengakibatkan kecelakaan serius, seperti pengendara sepeda motor yang membawa penumpang lebih dari satu orang, melampaui batas kecepatan, dan pengemudi Ranmor yang masih di bawah umur. Pelanggaran lainnya, seperti tidak menggunakan helm standar (SNI) atau sabuk pengaman, mengemudi dalam keadaan pengaruh narkoba atau alkohol, menggunakan ponsel saat berkendara, dan melawan arus juga menjadi prioritas penindakan.

Dalam rangka melaksanakan Operasi Zebra Semeru 2023, Polres Trenggalek melibatkan sedikitnya 57 orang personel yang terbagi dalam lima Satuan Tugas, yaitu Satgas Deteksi, Preemtif, Preventif, Gakkum, dan Banops. Selain itu, seluruh Polsek di wilayah Trenggalek dan fungsi kepolisian lainnya juga turut serta dalam operasi ini untuk memastikan keberhasilannya dalam menciptakan lalu lintas yang lebih aman.

Pos terkait

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *