Penemuan Baru: Sistem Peringatan untuk Melindungi Hiu Dari Tabrakan Kapal

Sistem Peringatan Lindungi Hiu

Sebuah tim peneliti Amerika telah menciptakan sistem peringatan untuk melindungi hiu dari tabrakan dengan kapal-kapal. Sistem ini menggunakan teknologi canggih, termasuk drone dan algoritma.

Ilmuwan Amerika, Douglas McCauley bersama rekannya, menciptakan sistem peringatan untuk melindungi hiu yang terancam punah dari tabrakan dengan kapal-kapal yang melintas.

Sistem baru ini bekerja dengan merekam suara hiu yang berada di sekitarnya menggunakan pelampung dan drone, kemudian memberi tahu kapal-kapal kargo besar lokasi keberadaan hiu ini, yang kemudian diinstruksikan untuk melambatkan laju mereka.

Pencipta sistem ini menganggap bahwa dalam era perubahan iklim yang mempengaruhi pola migrasi hiu, alat-alat seperti “Whale Safe” dapat menjadi semakin penting dalam melindungi mereka.

Menurut statistik, tabrakan dengan kapal adalah penyebab utama kematian hiu di berbagai wilayah laut dan samudra di seluruh dunia, mengingat hiu sering berenang di dekat permukaan air.

Para peneliti mengungkapkan bahwa hiu menghadapi berbagai risiko, terutama terkait dengan lalu lintas pelayaran, terutama jika kita mempertimbangkan bahwa sejak tahun 2000, lalu lintas kontainer di pelabuhan-pelabuhan dunia hampir empat kali lipat. Ini belum termasuk masalah serius lainnya, seperti lebih dari 8 juta ton plastik yang bocor ke samudra setiap tahun, yang merupakan bagian dari statistik yang mengkhawatirkan. Begitu juga dengan industri perikanan yang menguras kehidupan laut di kedalaman samudra.

Dalam wawancara dengan program “Al Sabah” di saluran “Sky News Arabia,” Profesor Douglas McCauley dari University of California mengatakan:

  • Penyebab utama kematian hiu adalah tabrakan dengan kapal pengangkut.
  • Sistem peringatan baru yang telah dikembangkan bertujuan melindungi hiu dari kepunahan.
  • Sistem menggunakan teknologi kecerdasan buatan.
  • Lokasi hiu diidentifikasi dengan merekam suara mereka di laut dan mengirimkan informasi ini kepada kapal-kapal dan perusahaan pengiriman terdekat agar dapat menghindari tabrakan dengan hiu tersebut.
  • Dengan mengurangi kecepatan kapal yang berlalu-lintas di laut, penggunaan bahan bakar dapat dikurangi, mengurangi emisi gas beracun, dan dengan demikian melindungi lingkungan.
  • Perusahaan industri dan perusahaan ilmiah dapat bekerja sama untuk melindungi hiu dari kepunahan sambil melindungi lingkungan pada saat yang sama.

Pos terkait

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *